H. Purwanto
ANGGOTA DPRD DKI JAKARTA 2019-2024
 
 

Komisi A Tindaklanjuti Dugaan Pelanggaran di Reklamasi Pantai Marunda

20/12/2019
Berry

Komisi A DPRD Provinsi DKI Jakarta bersama jajaran Pemerintah Kota Jakarta Utara menggelar rapat evaluasi untuk menindaklanjuti dugaan pelanggaran pada reklamasi yang dilakukan PT Karya Citra Nusantara (KCN) di Pantai Marunda Cilincing, Jakarta Utara.

Ketua Komisi A DPRD DKI Mujiyono mengatakan, setidaknya dari pengerukan laut yang dilaksanakan, kerugian negara ditaksir mencapai Rp55,8 triliun. Terlebih dugaan pelanggaran tersebut dilaksanakan PT KCN, perusahaan yang ada di dalam tubuh PT Kawasan Berikat Nusantara (KBN) yang notabene BUMN.

Berdasarkan peninjauan ke lapangan, Rabu (18/12) Mujiono menyebutkan, kegiatan reklamasi di bibir pantai itu dilaksanakan sepanjang 1.700 meter telah digunakan sebagai tempat penimbunan pasir komersial hingga penunjukan lokasi pelabuhan umum. Padahal, kegiatan Reklamasi belum dapat dilakukan mengingat belum disahkannya Peraturan Daerah (Perda) Nomor 1 Tahun 2014 tentang Rencana Detail Tata Ruang dan Peraturan Zonasi (RDTR-PZ).

Selanjutnya, Mujiono juga menyoroti perihal adanya temuan bukti lapangan yang tidak tersegel larangan berupa penyegelan kawasan di sekitar pintu masuk Pelabuhan Marunda. Padahal, sebelumnya melalui bukti foto ada proses penyegelan yang sebelumnya dilakukan oleh jajaran Pemerintah Kota Jakarta Timur melalui Camat Cilincing.

Di lokasi yang sama, Camat Cilincing Jakarta Utara Muhammad Alwi mengaku bahwa persoalan kegiatan reklamasi yang dilakukan PT. KCN masih terbatas diketahui pihaknya. Terlebih, pihaknya baru mengunjungi lokasi tersebut sebanyak dua kali hingga hari ini. Komunikasi dengan PT. KCN hanya terkait masalah aduan masyarakat kaitan masalah peleburan sama asap yang mengganggu warga disini.

Sementara itu, Direktur Utama PT. Kawasan Berikat Nusantara (KBN) Muhammad Sattar Taba mengaku bahwa pihaknya telah menindaklanjuti rekomendasi dari Badan Pemeriksa Keuangan Pembangunan (BPKP) terhadap keberlangsungan kegiatan reklamasi di Pantai Marunda. Seperti, mengurangi luasan hasil kerja sama dengan PT. KCN seperti sertifikat Hak Pengelola Lahan (HPL), bibir pantai, infrastruktur jalan dan kawasan laut atau kawasan air untuk batas-batas wilayah.

---

Sumber: http://dprd-dkijakartaprov.go.id/komisi-a-tindaklanjuti-dugaan-pelanggaran-di-reklamasi-pantai-marunda

Share Content

 

Ditagarkan di bawah

Ambulance BHP Haji Purwanto

AMBULANCE BHP
GRATIS UNTUK UMAT

Rumah Aspirasi Masyarakat Bang Haji Purwanto

Jl. H. Shibi Kp. Sawah RT 001/02 No. 2. Kel. Srengseng Sawah. Kec. Jagakarsa. Jakarta Selatan 12640

Phone  021 2780 2045

© 2018-2022 H. PURWANTO (BHP)