H. Purwanto
ANGGOTA DPRD DKI JAKARTA 2019-2024
 
 

Komisi A Ingin Distribusi E-KTP Warga DKI Jakarta Dioptimalkan

Jumat, 17 Januari 2020 15:38
Berry

Komisi A DPRD Provinsi DKI Jakarta berharap Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) memastikan proses pendistribusian blanko Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) berlangsung optimal di setiap kelurahan. Pasalnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Dukcapil baru-baru ini telah mendapatkan 290 ribu keping Blanko e-KTP dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk warga Jakarta.

Sejauh ini Dinas Dukcapil Provinsi DKI Jakarta mencatat hingga saat ini ada 445.555 warga telah mengajukan untuk permohonan e-KTP berdomisili DKI Jakarta dan menyisakan 155.555 warga pemohon terpaksa menunggu penerbitan e-KTP sampai waktu yang belum ditentukan.

Sekretaris Komisi A DPRD Dani Anwar mengatakan, pemenuhan kebutuhan e-KTP untuk warga harus segera direalisasikan mengingat dokumen tersebut bersinggungan dengan berbagai macam kegunaaan, seperti kebutuhan administrasi. Kabar ketersediaan Blangko e-KTP juga harus dibarengi dengan sosialisasi yang masif di lapangan tak hanya mengandalkan media sosial semata, perlu melibatkan perangkat lingkungan seperti Rukun Tetangga (RT) ataupun Rukun Warga (RW).

Disdukcapil sebagai leading sector penerbitan dokumen administrasi kependudukan juga perlu meningkatkan fungsi koordinasi dan pengawasan terhadap perilisan e-KTP sesuai bagi warga diluar domisili DKI Jakarta sebagai pemohon. Pasalnya, kabar ketersediaan blanko e-KTP juga akan menjadi salah satu penyebab peningkatan jumlah pemohon terhadap penerbitan e-KTP bagi penduduk pendatang.

Sementara itu Dinas Dukcapil Provinsi DKI Jakarta hingga saat ini terus memproses penerbitan e-KTP kepada warga pasca keterbatasan stok blangko permohonan e-KTP sejak beberapa waktu yang lalu. Selain itu, Dinas Dukcapil DKI Jakarta juga memastikan penerbitan e-KTP akan diprioritaskan berdasarkan urutan tanggal permohonan yang diajukan pemohon. Sehingga, warga DKI Jakarta diminta segera melakukan pengecekan secara berkala ke kelurahan sesuai domisili.

---

Sumber: http://dprd-dkijakartaprov.go.id/komisi-a-ingin-distribusi-e-ktp-warga-dki-jakarta-dioptimalkan

Share Content

 

Ditagarkan di bawah

Rumah Aspirasi Masyarakat Bang Haji Purwanto

Jl. H. Shibi Kp. Sawah RT 001/02 No. 2. Kel. Srengseng Sawah. Kec. Jagakarsa. Jakarta Selatan 12640

Phone  021 2780 2045

© 2018-2019 H. PURWANTO